Mengenal Susu Domba Thailand

susu domba thailand
Domba merupakan binatang ruminansia dengan rambut yang tebal dan umumnya dipelihara untuk diambil bulunya. Di Indonesia, domba disebut juga biri-biri atau yang dalam istilah ilmiah dikenal dengan nama ovis. Msyarakat awam secara umum menyamakan domba dengan kambing. Meski berkerabat dekat, namun secara ilmiah kambing dan domba memiliki perbedaan mendasar. Oleh karena itu dalam sistem taksonomi, domba diklasifikasikan sebagai berikut:
Kerajaan: Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Mammalia
Ordo:     Artiodactyla
Famili:     Bovidae
Upafamili: Caprinae
Genus:     Ovis
Spesies: O. aries
Spesies  Ovis Aries sendiri merupakan jenis domba yang paling umum dipelihara. Domba ini ditengarai merupakan keturunan Moufflon liar yang berasal dari Asia Tenggara dan sekitarnya.  Saat ini, domba diklasifikasikan dari jenis bulunya. Memang selama ini orientasi peternakan domba adalah bulu tersebut. Meski pada faktanya susu domba juga memiliki kualitas jempolan. Di pasaran, salah satu Negara yang diklaim memproduksi susu domba adalah Thailand. Kabarnya susu domba Thailand ini memiliki banyak manfaat sebab kandungan senyawanya kompleks.

Perbandingan Produksi Susu Domba Dan Sapi

Jika Anda jeli, pasti Anda akan mempertanyakan mengapa susu sapi mendominasi pasar. Hampir 95% susu formula merupakan susu sapi. Tidak salah memang namun sedikit dipertanyakan sebab menurut fakta medis, susu kambing memiliki kualitas yang jauh lebih prima. Kecenderungan ini bukan tanpa alasan. Kebanyakan peternak memang berorientasi pada angka dan keuntungan. Sehingga kualitas akan selalu dikalahkan oleh kuantitas. Produksi susu sapi memang jauh lebih melimpah ketimbang susu kambing atau domba. Sebut saja dalam sehari, satu sapi bisa memproduksi sampai 10 galon susu murni. Sedangkan kambing dan juga domba maksimal memproduksi hanya setengah gallon susu per harinya. Dengan demikian, wajar jika peternak lebih memilih sapi sebagai penghasil susu. Alasan lainnya adalah sapi cenderung jinak untuk diperah susunya sedangkan kambing sebaliknya.


Meski demikian, ada beberapa peternak yang juga fokus pada susu kambing juga domba. Namun oleh karena kelangkaannya, wajar jika kemudian harganya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi. Hukum ada harga ada kualitas nampaknya berlaku pada susu kambing dan domba ini. Sebab dengan harga yang tidak murah tersebut, konsumen akan mendapatkan susu dengan kualitas gizi terbaik. Jadi tak akan rugi sebab harga sepadan dengan apa yang didapatkan.

Terkait dengan susu domba Thailand, komponen senyawa yang ada di dalamnya sebenarnya kurang lebih sama dengan apa yang terkandung dalam susu kambing. Karakteristik susu kambing dan domba bahkan sering disamakan. Namun jika didasarkan pada klaim produsen susu domba Thailand, susu jenis ini kabarnya  memiliki khasiat khususnya dalam bidang kecantikan jauh di atas susu kambing. Karena itu tidak heran jika di Thailand, susu domba populer dijadikan produk kecantikan.

Populer Dalam Dunia Kecantikan


Oleh karena khasiatnya menyehatkan kulit, susu domba Thailand kemudian populer diproduksi dalam bentuk sabun dan scrub kulit. Kabarnya produk ini berkhasiat mencerahkan serta melembabkan kulit. Di Indonesia, produk dari susu domba Thailand ini cukup digemari. Di kalangan konsumen sering dikenal dengan nama lulur dan sabun banci Thailand. Negara dengan ikon gajah ini memang tersohor dengan transgendernya yang cantik dan berkulit memukau. Hal ini yang turut membuat konsumen memburu semua produk dari susu domba tersebut. Tertarik? Selamat berburu ya.