Cara Membuat Susu Kedelai yang Benar

Cara Membuat Susu Kedelai
Kedelai adalah suatu bahan pangan hasil pertanian yang mempunyai nilai gizi tinggi. Selain terkenal sebagai bahan baku tempe, kedelai juga dapat dibuat menjadi produk minuman, yaitu susu kedelai. Pembuatan susu kedelai dapat dilakukan dengan mudah, sederhana, dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka kita harus tahu bagaimana cara membuat susu kedelai yang benar. Dalam pembuatan susu kedelai pemanasan filtrat atau hasil saringan harus selalu diperhatikan. Selama proses pemanasan, filtrat perlu diaduk terus sambil ditambahkan gula dan perasa (essens) moka atau panili. Untuk menghilangkan rasa pahitnya dilakukan dengan penambahan bahan kimia Na3P04.

Tujuan pengadukan adalah untuk menghancurkan gula dan meratakan perasa,serta mencegah mendidihnya fitrat. Jika filtrat sampai mendidih, maka protein yang terkandung didalamnya akan pecah (rusak), sehingga susu menjadi menggumpal. Hal ini akan membuat susu kurang disenangi oleh konsumen, juga tidak tahan lama karena mudah terjadi pembusukan.Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui secara rinci cara membuat susu kedelai yang benar.

Berikut beberapa cara membuat susu kedelai yang benar:
  1. Siapkan terlebih dahulu peralatan yang mau digunakan
  2. Pilihlah kedelai yang bermutu baik, bersihkan dari kotoran, dan cuci dengan air bersih.
  3. Setelah bersih, kedelai direbus selama kurang lebih 15 menit, lalu direndam dengan air jernih selama12 jam (semalam).
  4. Setelah direndam semalam, kedelai dicuci kembali dengan air bersih sambil diremas-remasagar kulit arinya terkelupas. Setelah semua kedelai bersih dari kulitnya, kemudian kedelai dihancurkan sampai halus dengan penggiling (blender) sambil ditambahkan airsedikit demi sedikit.
  5. Kedelai yang sudah halus dicampur dengan air panas secukupnya dan diaduk sampai rata, lalu disaringdengan kain saring untuk memperoleh filtratnya.
  6. Filtrat yang diperoleh ditambah bahan kimia NaP04, gula pasir, dan perasa, lalu disaring dan dipanaskan kembali (suhu 80 derajat Celcius), tetapi jangan sampai mendidih. Selama pemanasan filtrat diaduk sampai rata, selain berguna untuk melarutkan gula juga mencegah agar filtrat tidakmendidih.
  7. Setelah dirasa bau kedelai telah hilang dan tergantikan dengan bau perasa, maka susu kedelai dapat dimasukkan ke dalam botol yang sudah disterilkan sebelumnya.Kemudian botol-botol yang berisi susu ini dimasukkan ke dalam panci yang berisikan airmendidih selama 10 - 15 menit, hingga suhu dalam botol mencapai 70 - 80 derajat Celcius. Pemanasan ini berguna untuk mengeluarkan udara (exhausting), setelah itu botol ditutup rapat dengan menggunakan alat penutup botol.
  8. Selanjutnya, botol dimasukkan dalam panci yang berisi air mendidih selama + 15 menit, kondisi botol harus terendam seluruhnya. Kemudian botol diangkat dan didinginkan pada suhu ruang. Susu kedelai siap diminum.