Beragam Manfaat Susu Kambing

Manfaat Susu Kambing
Jika didata, mungkin kambing merupakan binatang yang paling populer saat hari raya keagamaan Umat Muslim datang. Memang pada hari Idul Adha, umat muslim yang mampu diwajibkan untuk berkurban. Dan salah satu binatang yang banyak dijadikan hewan kurban adalah kambing. Selain karena memang sebuah keharusan, hewan kambing memang memiliki nilai gizi juga rasa yang khas jika telah diolah. Karena itu, wajar jika sepanjang tahun kambing tetap laris manis di pasaran. Tapi tahukah Anda, selain sebagai pedaging, kambing juga ternyata dipelihara sebagai hewan penghasil susu. Istimewanya, kualitas susu kambing kabarnya jauh lebih bersahabat dengan manusia jika dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, nutrisi yang ada di setiap tetesnya membuat manfaat susu kambing menjadi beragam. 

Senyawa Di Dalam Susu Kambing

Sebelum membedah manfaat susu kambing lebih jauh, penting untuk memahami komponen senyawa yang tersimpan di balik kenikmatan susu kambing. Oleh karena senyawa ini sehingga susu kambing memiliki khasiat kompleks bagi tubuh manusia. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa susu kambing mengandung komponen umum yang terdapat juga dalam susu jenis lainnya seperti protein, lemak, kalsium, zat besi, potassium, vitamin A, garam galian, zat besi dan masih banyak lagi lainnya. Namun, istimewanya jumlah masing-masing senyawa tersebut kabarnya dua kali lipat jika dibandingkan jumlah yang tersimpan dalam jenis susu lain. Hal lain yang menjadikan susu kambing istimewa adalah kandungan seleniumnya adalah yang paling tinggi dari semua jenis susu baik itu susu kuda, sapi maupun susu soya.

Susu Kambing Untuk Kesehatan

Mencermati kandungan senyawanya yang cukup kompleks, sangat wajar jika susu kambing memiliki sejuta manfaat, antara lain sebagai berikut:
  1. Susu kambing sangat baik dalam mereduksi penyakit maag kronis sebab mineral alkalinenya cukup tinggi.
  2. Susu kambing sangat baik bagi mereka yang menderita asma sebab ia mengandung zat flourin.
  3. Susu kambing memiliki protein yang mengandung asam amino sebanyak 22 jenis yang 8 diantaranya merupakan jenis asam yang sangat baik untuk memelihara kesehatan sel otak juga baik untuk perkembangan sistem saraf manusia.
  4. Manfaat susu kambing lainnya adalah sebagai pembentuk sel darah yang mampu menawar atau melawan racun di dalam tubuh manusia. Hal ini terkait dengan kandungan proteinnya yang mampu mendetoks bahan kimia berbahaya di dalam tubuh.
  5. Kombinasi antara kalsium dan fosfor di dalam susu kambing akan membentuk senyawa yang dikenal dengan nama calciumphosphate yang berperan penting dalam pembentukan juga pemeliharaan tulang serta kesehatan organ di dalam tubuh manusia.
  6. Kandungan kalsium dalam susu kambing juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, melenyapkan racun di dalam kolon, mencegah terjadinya penggumpalan darah, mengaktifkan sejumlah hormone penting dalam tubuh dan masih banyak lagi lainnya. 
  7. Susu kambing mampu meningkatkan pH aliran darah manusia.
  8. Asam lemak pada susu kambing mampu membunuh bakteri.
  9. Susu kambing bermanfaat sebaga anti-oksidan. 
  10. Konsumsi susu kambing sangat baik dalam masa pemulihan dari penyakit ataupun wanita yang baru saja melahirkan.
  11. Susu kambing murni sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit alergi kulit.
  12. Susu kambing juga baik dalam hal mengontrol kadar gula di dalam darah manusia.
  13. Manfaat susu kambing selanjutnya adalah mengontrol kandungan kolesterol jahat di dalam darah dan masih banyak lagi lainnya.
Untuk mendapatkan manfaat susu kambing ini, banyak ahli gizi yang merekomendasikan susu kambing dikonsumsi secara murni tanpa penambahan apapun termasuk gula. Bagi bayi, susu kambing aman diberikan di usia di atas 6 bulan. Sedang bagi mereka yang ingin kesehatannya terjaga, dianjurkan mengkonsumsi susu kambing sebanyak 150 hingga 250 cc setiap hari.

Selamat mencoba ya!