Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet Sehat Anda

manfaat susu kedelai untuk diet
Soya Milk For Diet
Kedelai merupakan polong-polongan yang dikenal memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Di China, kedelai bahkan telah menyatu erat dengan budaya kuliner. Mereka mengolah kedelai menjadi berbagai jenis kuliner nikmat. Anda pasti mengenal tofu bukan? Tofu atau yang kita kenal juga dengan nama tahu, pertama kali dibuat di China. Kalau di Indonesia sendiri, olahan kedelai yang juga terkenal adalah tempe. Kandungan gizi tahu dan tempe ini sangat baik sehingga dianjurkan bagi semua orang. Selain itu, harganya juga terjangkau. Selain dua komponen makanan tersebut, pada dasarnya kedelai juga bisa diolah menjadi susu. Sama seperti tahu dan tempe, susu kedelai  juga penuh gizi. Istimewanya, karena berasal dari tanaman, maka manfaat susu kedelai untuk diet sangat baik. Tak percaya? Mari simak uraian berikut ini.

Kandungan Susu Kedelai


Soya Milk
Di Indonesia, susu kedelai biasanya dijual secara tradisional. Sedangkan di Negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Filipina, susu kedelai sudah lama dikembangkan sebagai produk susu andalan penuh gizi. Jika diurai, komponen yang ada di dalamnya antara lain serat alami atau fiber, karbohidrat, vitamin A dan B kompleks, Juga vitamin E dan K, asam lemak esensial serta protein yang sangat tinggi bahkan setara dengan susu sapi!  Sementara itu kandungan asam aminonya diklaim jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi. Jenis asam amino yang banyak ditemui pada susu ini adalah lisin. Berkat lisin ini, susu kedelai menjadi komponen yang ampuh untuk menambah nilai gizi protein dari nasi juga seral lainnya.

Sahabat Diet Anda

Manfaat susu kedelai untuk diet sangat baik sebab bisa memasok kebutuhan protein dalam jumlah yang cukup tanpa menaikkan berat badan sebab kandungan lemaknya sangat rendah. Hal ini yang membuat susu kedelai banyak digemari para wanita. Lemak pada susu ini tidak menyebabkan bertambahnya berat badan karena bentuknya dalam gugus asam lekan yang tak jenuh. Lemak jenis ini justru sangat baik bagi kesehatan. Hal lain yang membuat susu kedelai sangat istimewa adalah rendahnya kandungan kolesterolnya. Sementara itu, meskipun susu kedelai mengandung karbohidrat, tapi golongan karbohidrat ini adalah oligosakarida dan polisakarida. Golongan polisakarida sendiri tidak larut dalam air sehingga tidak akan dicerna dalam tubuh. Jadi tidak akan membuat Anda gemuk, kok!
 
Selain manfaat susu kedelai untuk diet, masih ada banyak manfaat lainnya. Antara lain sebagai sumber vitamin E yang tinggi. Hal ini menjadikan susu kedelai sangat baik bagi mereka yang ingin awet muda dan mencegah penuaan dini. Mencegah kolesterol naik sebab kandungan susu kedelai bisa meningkatkan profil lipid dalam darah sehingga bisa mencgah kolesterol naik. Susu kedelai juga ternyata baik untuk mencegah kanker prostat pada pria. Hal ini disebabkan oleh komponen hormone fitoestrogen. Hormon ini sendiri berasal dari tanaman kacang kedelai dan sangat ampuh membantu menghambat prodeuksi hormone pria atau testoteron. Manfaat lainnya adalah mencegah osteoporosis sebab hormone fitosteron mampu mempercepat penyarapan kalsium dalam tubuh dan mengurangi potensi massa tulang habis.