Kandungan Penting Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
Bagi ibu hamil yang memiliki alergi terhadap susu sapi (lactose intolerant), peran susu kedelai dirasa sangat membantu sekali untuk memenuhi kebutuhan gizi harian yang diperlukan. Intoleransi Laktosa adalah kelainan pada sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (lemak dari susu sapi) dengan baik, akibat keterbatasan enzim laktase. Di dalam tubuh, enzim laktase ini berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus. Oleh karena itu, mengganti susu sapi dengan susu kedelai untuk ibu hamil bermanfaat sekali untuk menutupi kekurangan gizi.

Mungkin sebagian dari ibu hamil masih merasa ragu dan khawatir akan terhambatnya pertumbuhan bayi yang dikandungnya jika mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi pengolahan pangan, kedelai yang sebenarnya mengandung beragam zat gizi penting telah dapat dimaksimalkan pengolahannya sehingga kandungan gizinya dapat dimanfaatkan dengan sempurna. Sekarang ini juga telah banyak sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan mengenai pemanfaatan susu kedelai untuk ibu hamil, khususnya terhadap ibu yang memiliki masalah pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat penting susu kedelai untuk ibu hamil, antara lain: 
  • Protein
Komponen protein pada susu kedelai tersusun dari beberapa senyawa asam amino, antara lain arginin, lisin, lesitin, glisin, leusin, niasin, isoleusin, triptofan, fenilalanin, dan treonin.Keberadaan zat-zat tersebut sangat berguna bagi pertumbuhan bayi selama berada dalam kandungan. Beberapa manfaat lain protein kedelai adalah memperbaiki jaringan yang rusak, memelihara fungsi organ Ibu hamil, dan meningkatkan sistem imun. Selain itu, kandungan penting lesitin susu kedelai berfungsi untuk mencegah pembentukan kolesterol LDL.Sedangkan isoflavonnya  berfungsi sebagai antioksidan alami, dan meningkatkan level HDL (kolesterol baik) dalam darah, sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik.
  •  Lemak Nabati
Manfaat lemak nabati bagi ibu hamil adalah untuk cadangan lemak,yang akan dimanfaatkan apabila ibu hamil mengalami kekurangan lemak dalam darah.
  •  Asam Folat
Asam folat pada susu kedelai sangat bermanfaat sekali untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Kegunaan utama asam folat ini adalah meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf janin, terutamapada kehamilan trisemester pertama.
  • Karbohidrat
Karbohidrat dikenal sebagai sumber energi, oleh karena itu kandungan karbohidrat dengan jumlah cukup pada susu kedelai bermanfaat sekali sebagai sumber energi ibu hamil dan dapat mempelancar sistem pencernaan.
  • Vitamin
Kandungan penting lainnya pada susu kedelai adalah vitamin. Susu kedelai mengandung sejumlah vitamin, di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin B1, dan vitamin E. Secara umum fungsi vitamin-vitamin adalah menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya osteoporosis, mengatur tekanan darah,membentuk pertumbuhan tulang janin, membantu penyerapan gizi makanan, dan mencegah keguguran.