Sudah Tahu Fungsi Protein?

fungsi protein
Jika Anda cermat, Anda pasti akan familiar dengan anjuran para ahli gizi agar seseorang memenuhi kebutuhan protein hariannya. Anjuran ini selalu ada di berbagai media, mulai dari majalah kesehatan, selebaran, hingga iklan-iklan komersil di televisi. Apa sebenarnya protein itu? Mengapa keberadaannya sangat penting? Kedua pertanyaan itu pasti muncul di benak meraka yang belum paham benar apa itu protein. Artikel ini akan mencoba menjawab rasa ingin tahu Anda dengan memaparkan fungsi protein itu sendiri untuk tubuh kita. Silahkan simak uraian berikut ini.

Apa Sebenarnya Protein Itu?

Tahukah Anda bahwa protein adalah bagian terbesar dari tubuh makhluk hidup setelah air? Berdasarkan penelitian, hampir 1/5 tubuh manusia tersusun atas protein. Sebagian besar ada di dalam otot, kemudian sebagian lainnya tersebar di dalam tulang dan juga tulang rawan, di dalam kulit, serta jaringan-jaringan tubuh lainnya. Protein sendiri merupakan molekul penting yang memiliki peranan signifikan bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup termasuk manusia. Adapun fungsi protein itu sendiri antara lain:

  1. Penopang pertumbuhan serta pemeliharaan tubuh. Sebagian besar protein memiliki bentuk seperti hormon, maka ia digolongkan juga sebagai salah satu komponen penting dalam siklus pertumbuhan manausia. Banyak yang berpendapat bahwa fungsi utama protein sendiri adalah untuk membentuk jaringan pada tubuh dengan menggunakan kandungan asam aminonya. Pendapat terebut wajar sebab jika kekurangan protein (utamanya pada anak-anak) bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan. Proses sintesis dan juga degradasi protein akan membantu laju tumbuh dan pemeliharaan sel atau jaringan di dalam tubuh. Apabila terjadi kerusakan, misalnya di bagian sel, maka protein akan mengambil alih hal tersebut dan menggantikannya dengan sel baru yang sehat.
  2. Sebagai pembentuk ikatan-ikatan esensial di dalam tubuh.Protein memiliki peranan sebagai katalisator. Dengan demikian ia sangat membantu perubahan-perubahan yang bersifat biokimia di dalam tubuh manusia. Konsumsi protein yang cukup akan membantu kinerja ikatan tersebut agar berfungsi dengan baik.
  3. Sebagai organisator keseimbangan air. Cairan di dalam tubuh kita dipisahkan dan diatur oleh membran-membran sel. Nah, protein ini sendiri memiliki fungsi menjaga homosinteis cairan dan hasil akhirnya ia akan membantu fungsi dari membran sel tadi.
  4. Membentuk anti-body. Protein merupakan pembentuk daya tahan di dalam tubuh. Jadi, semakin cukup konsumsi protein Anda makan produksi anti-body di dalam tubuh Anda akan semakin optimal.
  5. Sebagai sarana transportasi gizi. Fungsi protein yang satu ini cukup signifikan sebab ia memiliki peranan yang sangat besar dalam mendistribusikan unsur penting seperti oksigen oleh hemoglobin. Protein juga melebur di dalam sistem transportasi pada wilayah membran sel.
  6. Dalam dunia kecantikan, protein dikenal sebagai salah satu unsur yang penting. Mengapa? Sebab protein berperan dalam proses pembentukan kolagen. Kolagen sendiri merupakan senyawa yang dibutuhkan kulit agar terlihat muda, kenyal dan segar.
  7. Fungsi protein lainnya adalah sebagai sumber energi bagi manusia. 
Pemenuhan kebutuhan akan protein dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber protein itu sendiri, baik nabati maupun hewani.