Mengenal Sumber Protein Nabati

sumber protein hewani
Mengabaikan nutrisi pada makanan yang kita konsumsi adalah cara terbaik mengundang penyakit. Karena itu, penting untuk memahami makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Pastikan nilai gizinya seimbang. Salah satu nutrisi yang tak boleh absen adalah protein. Komponen yang satu ini sangat penting dalam mengiringi pertumbuhan anak dan menjaga keseimbangan tumbuh manusia dewasa. Pada dasarnya, ada banyak makanan kaya protein yang mudah kita jumpai di mana. Secara umum makanan tersebut dibagi ke dalam 2 kategori besar yakni makanan yang berperan sebagai sumber prtotein hewani dan sumber protein nabati. Sumber protein hewani mudah ditemukan di mana-mana. Hanya saja, harga yang mahal serta kandungan lemak jahatnya membuat orang-orang beralih pada sumber protein nabati. Selain murah, ia juga tidak mengandung senyawa jahat. Apa saja makanan yang masuk ke dalam daftar sumber protein nabati ini? SImak uraian berikut ini.
  1. Kacang Kedelai. Kajian yang membahas kedelai sebagai sumber protein nabati terbaik cukup banyak. Hal ini wajar sebab di dalam tiap butir kedelai tersimpan protein sehat yang melimpah. Istimewanya, selain protein, kacang kedelai juga mengandung senyawa lain seperti asam phytc, saponin, phytochemical, isuflavon dan masih banyak lagi lainnya. Ada beragam hasil olahan kacang kedelai ini antara lain susu kedelai, tahu, tempe dan masih banyak lagi lainnya. Tahukah Anda bahwa Tempe telah dinobatkan sebagai makanan paling sehat oleh WHO? Istimewanya, proses fermentasi pada tempe membuat proteinnya semakin mudah diserap tubuh.
  2. Kacang almond sering kita jumpai pada kue kering. Anda mungkin belum tahu bahwa kacang ini juga ternyata mengandung protein yang melimpah. Tak hanya itu, ia juga dilengkapi dengan kalsium dan karbohidrat jadi sangat sehat dikonsumsi.
  3. Brokoli merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik dikonsumsi. Setiap 1 cangkir brokoli mengandung 5 sampai 6 gram protein. Tak hanya itu, ia juga menyumbang serat, vitamin, karbohidrat dan juga sejumlah mineral penting.
  4. Sayuran lain yang merupakan sumber protein nabati adalah bayam. Dalam 1 cangkir bayam, terdapay sekitar 3 gram protein sehat. Karena itu, ia sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Pastikan Anda mengolahnya dengan benar, baik itu dikukus, rebus ataupun ditumis. Jangan terlalu lama memasak bayam sebab kandungan nutrisinya mudah menguap.
  5. Kacang-kacangan seperti kadang tanah,kacang hijau, kacang arab dan jenis kacang lainnya merupakan suber protein nabati yang baik untuk tubuh Anda. Jadi jangan ragu ngemil kacang.
  6. Grain atau biji-bijian juga mengandung protein yang melimpah. Contoh nyatanya ada pada gandum. Selain itu, ia juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.
  7. Jamur juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik. Konsumsi jamur secara teratur akan membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda.