Beragam Sumber Protein Hewani

sumber protein hewani
Untuk tumbuh kembang yang baik dan seimbang, manusia perlu untuk mengkonsumsi makanan dengan komposisi nutrisi yang tepat. Salah satu unsur yang penting untuk dipenuhi adalah protein. Senyawa pembangun tubuh yang satu ini bisa dijumpai di berbagai makanan. Secara umum, sumber protein ini sendiri dibagi ke dalam dua kelompok besar: sumber protein nabati dan sumber protein hewani. Di kesempatan lalu kita telah membahas informasi seputar protein nabati. Maka itu, pada artikel kali ini, kajian berkisar pada apa dan bagaimana sumber protein hewani itu sendiri.


Daftar Makanan Penyuplai Protein

Apa sebenarnya protein hewani itu sendiri? Jawaban pertanyaan ini sederhana, yang dimaksud dengan sumber protein hewani segala macam jenis makanan yang terkait baik itu langsung maupun tidak langsung dengan hewan. Adapun ragam makanan yang berperan sebagai sumber protein hewani ini, antara lain:
  1. Daging merah atau dikenal dengan istilah red meat. Daging jenis ini bisa berupa daging sapi, daging kambing, daging babi, daging domba dan semua jenis daging binatang ternak dengan warna merah. Berdasarkan penelitian ahli gizi, ditemukan fakta bahwa daging dengan warna merah mengandung protein yang melimpah. Selain itu, ia juga diketahui menyimpan kebaikan dari senyawa lain yang ia kandung antara lain zat besi heme yang mudah diserap tubuh, vitamin B12 dan masih banyak lagi lainnya. Tak sedikit ahli yang berpendapat bahwa daging merah merupakan sumber protein hewani terlengkap dan terbaik.
  2. Daging putih atau dikenal juga dengan nama white meat ternyata merupakan sumber protein hewani yang baik. Contoh daging putih yang paling dekat dalam keseharian kita adalah daging ayam. Konsumsi daging jenis ini juga dianjurkan meski harus dalam takaran yang tepat sebab selain kaya akan protein, daging putih ini juga diperkaya dengan lemak dan juga kolesterol.
  3. Seafood juga merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik. Yang terbaik adalah ikan, udang, cumi, kepiting dan lain-lain. Jika pada daging merah dan putih masih dijumpai lemak jahat dan juga kolesterol, maka pada daging ikan justru sebaliknya. Ia mengandung lemak yang baik sehingga tidak membahayakan tubuh. Selain ikan laut, ikan tawar juga mengandung protein yang baik. Dan, tahukah Anda bahwa ikan teri yang sering dianggap sebagai makanan kasta bawah justru mengandung protein yang melimpah.
  4. Susu hewani merupakan sumber protein yang baik. Mudah diserap tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi mereka yang sedang dalam proses pemulihan atau juga bagi anak-anak yang masih ada dalam tahap pertumbuhan. Susu ini bisa diolah menjadi beberapa komponen makanan lain seperti keju dan juga yoghurt, keduanya juga merupakan sumber protein hewani yang baik, sama seperti susu.
  5. Telur juga harus dimasukkan ke dalam daftar makanan yang berperan sebagai sumber protein hewani. Susu baik dikonsumsi mereka yang ingin membentuk massa otot. Kandungan proteinnya yang tinggi dan mudah diserap tubuh akan membantu program pembentukan dan penambahan massa otot.