Minyak Ikan Salmon: Minyak Kaya Manfaat

minyak ikan salmon
Salmon Oil Capsules
Siapa yang tak kenal ikan salmon? Jenis ikan cantik dan unik ini memang telah diakui dunia sebagai salah satu sumber gizi terbaik untuk anak-anak bahkan lansia. Ikan ini pada dasarnya bereproduksi di air tawar dan menghabiskan masa dewasanya di lautan. Tubuhnya mampu beradaptasi secara luar biasa di dua jenis air. Hal ini yang menjadikan ia unik. Tak hanya unik, ikan salmon juga dipenuhi komponen senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu senyawa aktiif tersebut adalah lemak esensial omega-3. Anda pasti sudah sering mendengar jenis asam minyak yang satu ini. Tak seperti lemak yang lain, omega-3 justru sangat baik bagi tubuh. Tak heran jika produk yang menawarkan omega-3 di pasaran cukup laris. Omega-3 lazim juga dikenal dengan nama minyak ikan salmon.


Jika Anda cermat, pasti istilah minyak ikan salmon sudah taka sing lagi. Ada beberapa brand produk yang menawarkan kapsul minyak ikan salmon khusus untuk anak-anak. Hal ini wajar mengingat komponen omega-3 yang ada dalam kapsul minyak tersebut memang dikenal sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak. Walau selalu diidentikkan dengan anak-anak, sesungguhnya minyak ikan salmon juga penting untuk dikonsumsi oleh semua usia sebab khasitnya tak hanya sebatas untuk pertumbuhan dan perkembangan otak tetapi juga untuk pemeliharaan otak. Berdasarkan penelitian klinis, konsumsi minyak ikan salmon secara teratur akan menjauhkan penyakit alzhaimer. Penyakit ini biasanya rentan menyerang mereka yang telah berusia lanjut.

Proteksi Dari Kanker Sampai Sahabat Diet
Kid eating salmon
Minyak ikan salmon tak hanya baik bagi otak tetapi juga ampuh memelihara dan mencegah beberapa penyakit kronis menyerang tubuh Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Institute Paterson, ditemukan fakta bahwa omega-3 bisa melindungi juga mencegah dari kanker prostat. sementara itu, peneliti dari Indiana University juga menemukan fakta klinis terkait keampuhan omega-3 mereduksi pertumbuhan sel kanker payudara. Tak hanya kedua jenis kanker tersebut, minyak ikan omega-3 juga ternyata mampu melawan penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Hal ini dikeranakan kemampuan omega-3 yang bisa mereduksi kadar trigliserida, melenturkan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol karena kadungan EPA atau Eicosapentaenoic acid dan DPA atau Decosehexaenoic Acid pada omega-3 sangat tinggi. Ketiga aksi omega-3 ini akan mencegah ketidaknormalan pada denyut jantung.
Salmon Oil Capsules
Manfaat minyak ikan salmon lainnya adalah menormalkan tekanan darah sebab ia bersifat anti-imflamasi dan anti-pengentalan darah. Selain itu, konsumsi minyak ikan salmon juga sangat baik untuk mengatasi penyakit pernapasan seperti asma, memperbaiki daya ingat, membantu untuk fokus, dan menajamkan daya pikir. Tak berhenti sampai di situ, omega-3 ini juga bisa mengurangi gejala penyakit lupus, menghindarkan penyakit radang, memelihara kesehatan mata, menjauhkan penyakit stroke sampai menanggulangi jerawat bandel di wajah Anda! Nah, bagi Anda yang takut dengan obesitas, konsumsi minyak ikan akan membantu dan merangsang sistem metabolisme Anda sehingga pembakaran lemak menjadi energi jauh lebih baik. Keunggulan ini menjadikan omega-3 sahabat diet terbaik.

Sederet manfaat minyak ikan salmon ini memang membuat kita sepakat bahwa omega-3 tak hanya diperlukan bagi anak-anak saja! Semua usia membutuhkannya. Jadi masukkan ikan salmon dalam daftar menu harian Anda atau jika tak ingin repot, beli suplemen minyak ikan salmon di apotik atau toko terdekat. Salam sehat!