Sejuta Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon
Salmon's Meat
Salmon merujuk pada nama tokoh dalam Alkitab yang juga disebut di dalam Alquran dengan nama Sulaiman. Salmon atau Sulaiman merupakan seorang raja dengan keistimewaan yang jauh melampaui manusia biasa. Mungkin karena keistimewaan inilah sehingga nama salmon juga melekat pada salah satu jenis ikan. Ikan ini merupakan spesies yang juga istimewa, bergizi dan juga unik. Ikan salmon pada dasarnya masih berkerabat dengan ikan trout. Hanya saja dari pola migrasi, kedua jenis ikan ini berbeda. Salmon cenderung berpindah, dari sungai ke lautan. Sementara itu, ikan trout hanya bertahan di lautan saja. Selain unik, ternyata manfaat ikan salmon juga cukup kompleks. Bahkan banyak yang menjulukinya ikan terbaik.

Salmon Dan Omega-3

Asam lemak atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Fatty Acid merupakan senyawa sejenis alfiatik yang gugusnya berupa karboksil. Asa lemak banyak terkandung dalam minyak yang kita gunakan untuk menggoreng sehari-hari, lemak hewani dan juga terdapat pada margarine. NIlai gizi asam lemak tergantung pada posisi ikatan gakda dan daya reaksinya. Nah, salah satu jenis asam lemak yang memiliki manfaat terbaik adalah asam lemak omega-3 dan juga asam lemak omega-6. Untuk omega-3 sendiri, banyak ditemui pada ikan salmon. Asam lemak dengan nilai gizi tinggi ini sering juga disebut asam lemak esensial. Manfaat ikan salmon sebagian besar bersumber dari kandungan omega-3 yang cukup tinggi.
Jalan Menuju Sehat Bersama Salmon

Salmon With Fruit Salad
Sangat wajar jika kemudian Anda menjumpai harga ikan salmon jauh lebih tinggi jika dibandingkan jenis ikan lainnya. Nilai gizinya memang luar biasa. Kandungan omega-3 membuat ia istimewa. Manfaat ikan salmon cukup beragam. Konsumsi ikan dengan warna daging cerah ini kabarnya bisa mereduksi kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, jumlah trigliserida juga akan terkontrol. Omega-3 bisa mempertahankan kelenturan pembuluh darah dan juga dikenal ampun memperkuat otot jantung. Manfaat ikan salmon lainnya adalah mencegah serangan hipertensi sebab ia mampu mengendalikan tekanan darah Anda. Omega-3 juga secara klinis terbukti ampuh menjaga kesehatan mata termasuk mencegah mata kering, mata letih dan degenerasi macular.

Selain itu, konsumsi ikan salmon juga akan melindungi tubuh Anda dari pengaruh buruk polutan dan sumber radikal bebas lainnya. Hal ini disebabkan kandungan selenium yakni sejenis mineral yang mampu melindungi sel sehat tubuh cuku tinggi. Selanjutnya, ikan salmon juga bisa menjadi anti-depresan dan menjaga mood Anda tetap stabil. Tak berhenti sampai di situ, konsumsi salmon secara teratur juga akan membuat Anda terhindar dari kanker ginjal sebab asam lemak memang secara klinis membantu melawan carcinoma sel ginjal yang tak lain adalah sel kanker pada ginjal.

Manfaat ikan salmon belum berhenti sampai di atas. Anda pasti sudah sering mendengar khasiat salmon bagi kesehatan otak. Iya, omega-3 pada salmon memang mampu memelihara kemampuan otak sehingga Anda akan terhindar dari pikun dan juga Alzheimer. Selain itu, salmon juga mampu mencegah stroke sebab kolesterol bisa terkontrol dengan baik. Bagi Anda yang secara genetis beresiko diabetes, perbanyak ikan salmon dalam daftar menu harian Anda sebab asam lemak omega-3 pada salmon juga vitamin D dan selenium-nya mampu mengontrol jumlah glukosa darah dan menjauhkan diabetes tipe2 dari hidup Anda. Nah, bagi Anda yang sedang diet ektat, salmon juga merupakan sahabat diet terbaik sebab ia bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda tanpa harus mengurangi nilai asupan gizi. Ikan dengan warna daging cerah ini juga bisa memelihara kesehatan kulit dan kesuburan rambut! Wow.