Beragam Manfaat Susu Sapi

manfaat susu sapi

Sapi merupakan salah satu hewan yang diternakkan secara besar-besaran tak hanya di Indonesia tetapi juga di sleuruh dunia. Tujuan utama ternak sapi ada dua yakni untuk diambil dagingnya dan juga untuk diambil susunya. Sapi memang binatang mamalia yang memiliki kelenjar susu. Susu sapi cukup berkualitas dan sudah sejak lama dikonsumsi oleh manusia baik itu secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu. Jika didasarkan pada angka survey, boleh jadi susu sapilah yang paling banyak dijumpai di pasaran. Keberadananya memang melimpah jika dibandingkan dengan susu kambing atau kuda. Meski lebih murah dibandingkan harga susu hewani lainnya, namun manfaat susu sapi ini cukup beragam. Hal ini erat kaitannya dengan kandungan senyawa aktif yang tersimpan di setiap tetes susu sapi. Berikut uraiannya.

Kandungan Susu Sapi

Sebelum membedah tuntas apa saja manfaat susu sapi, tak ada salahnya jika kita mengurai terlebih dahulu komponen senyawa aktif yang ada di dalam susu sapi. Secara umum, susu sapi mengandung antara lain  kalsium, protein, kalium, fosfor, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, vitamin B2 kompleks atau dikenal juga dengan nama riboflavin, niasin, potassium, magnesium, tiamin, asam amino, protein, yodium, seng, leticin dan masih banyak lagi lainnya. Semua komponen senyawa ini menjadikan manfaat susu sapi cukup kompleks.
Sehat Dengan Susu

Mencermati kandungan senyawa kompleksnya yang tinggi dan kaya, sangat wajar jika kemudian susu sapi memiliki sederet manfaat terbaik bagi tubuh manusia. Adapun manfaat susu sapi tersebut antara lain:
  1. Sebagai sumber nutrisi alami dan kompleks yang berperan memenuhi kebutuhan gizi manusia.
  2. Menjaga kesehatan tulang juga mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Kandungan kaslium, protein, fosfor dan magensiumnya membuat susu sangat baik untuk anak-anak yang sedang tumbuh dan para lansia untuk memelihara kesehatan tulang.
  3. Menyehatkan gigi. Kalsiumnya bisa mencegah timbulnya gigi yang berlubang. Sementara itu, kandungan protein, kalsium dan juga fosfornya mampu melindungi lapisan email gigi Anda dan juga merangsang saliva atau air liur dan bermanfaat menetralisir asam dalam mulut.
  4. Mencegah juga mereduksi potensi terkena serangan jantung. Manfaat ini telah teruji secara klinis di laboratorium Universitas Cardiff di Inggris.
  5. Menjaga dan menurunkan tekanan darah. Hal ini terkait dengan kandungan kalsium, kalium dan proteinnya. Selain itu, kalsiumnya juga mampu mengikat dan juga mengurangi penyerapan lemak jahat di dalam usus dan mencegah tekanan darah naik.
  6. Kandungan zat besi, vitamin A dan juga tembaga di dalam susu sangat baik terhadap kecantikan kulit.
  7. Kandungan magenesium di dalam susu mampu menjaga jantung dan juga sistem saraf lebih kuat.
  8. Kandungan seng pada susus sapi membuat luka pada tubuh bisa sembuh lebih cepat.
  9. Kandungan senyawa tyrosine mampu merangsang hormone yang bertanggungjawab atas rasa bahagia sehingga akan membuat Anda lebih rileks.
  10. Susu bisa menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.
  11. Kandungan leticin dan juga seng bisa membuat kinerja otak Anda jauh lebih baik. Wow!
  12. Vitamin B2 pada susu juga ampuh memelihara kesehatan mata Anda.
  13. Minum susu sebelum tidur akan membuat kualitas istirahat Anda lebih optimal.