Dari mana Susu Kambing Etawa Berasal?

Susu Kambing Etawa
Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang juga menghasilkan susu dengan kualitas terbaik. Jika didata berdasarkan jenisnya, maka boleh jadi varian kambing cukup beragam Dan tidak semua jenis kambing ini mampu menghasilkan susu terbaik penuh gizi. Salah satu jenis kambing yang susunya dipenuhi gizi adalah jenis kambing etawa. Etawa sendiri merupakan jenis kambing penghasil daging super. Dan istimeanya, jenis kambing ini biasanya diternakkan secara organik. Karena itu wajar jika susu kambing etawa memiliki kualitas di atas rata-rata.

Proses Menuju Susu Berkualitas


Susu kambing etawa terkenal dengan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini wajar mengingat kualitasnya memang jempolan. Untuk menghasilkan susu unggulan tersebut dibutuhkan beberapa proses terutama dalam hal pemeliharaan kambing etawa itu sendiri. Proses tersebut dimulai dari pemilihan kambing. Etawa sendiri dipilih bukan tanpa alasan. Kambing ini memiliki kualitas prima. Dalam memilih etawa juga tak boleh asal-asalan. Kambing yang terlihat lahap menyantap makanan adalah jenis kambing penghasil susu yang baik.

Hal selanjutnya yang tercakup dalam pemeliharaan kambing etawa adalah pakan. Faktor pendukung utama supaya susu kambing etawa yang dihasilkan memenuhi standar mutu adalah makanan yang bergizi. Sama seperti manusia, kambing etawa juga memerlukan nutrisi yang sehat. Para peternak etawa biasanya lebih memilih pakan organic dari dedaunan dan jarang memberi pellet. Sebab kualitas susu datang dari makanan organic tersebut. Selain itu, untuk menyempurnakan nilai gizi dedaunan, para peternak juga bisanya menambahkan pakan yang mengandung protein, natrium juga kalsium. Hal ini untuk meningkatkan mutu susu kambing.

Selain pakan bergizi, ternyata lokasi peternakan juga memegang perana penting. kambing etwa berkualitas terbaik seharusnya diternakkan di lingkungan yang bersih dan segar. Dengan demikian, kualitas udara juga air kambing akan terjaga. Jika kambing hidup di wilayah yang rawan limbah, jangan berharap mutu susu kambing etwa bisa didapatkan. Selain itu, hal penting lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah proses pemerahan. Pastikan semua alat yang digunakan bersih agar susu kambing tidak tercemar. 

Proses Lanjutan

Biasanya para peternak susu kambing tidak sampai pada proses pengoahan susu dan semcamnya. Mereka hanya sampai pada batas pengumpulan susu mentah yang kemudian diserahkan kepada para pengusaha yang akan mengolah dan mengemas susu tersebut sedemikian rupa hingga sampai ke konsumen. Kualitas susu kambing etwa juga dipengaruhi oleh proses lanjutan ini. Proses pengolahan biasanya dilakukan dengan cara pasteurisasi. Merode ini dilakukan untuk meminimalisir bakteri yang ada di dalam susu. Negatifnya, kadar nutrisi di dalamnya juga berkurang meski dalam jumlah yang tak seberapa.

Proses lanjutan lainnya adalah pengemasan. Susu kambing etawa yang baik seharunya dikemas dengan baik agar bia bertahan lama dan sampai di tangan konsumen masih dengan nutrisi yang terjaga. Jika tidak, maka khasiat susu kambing etawa tentu tak bisa didapatkan.