Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung

manfaat telur ayam kampung
Telur Ayam Kampung
Telur merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Selain itu, harga telur juga termasuk murah dan istimewanya, rasa telur nikmat dan mudah diolah. Meski demikian, tak semua telur memiliki kualita unggul. Sebab proses pembentukan telur dipengaruhi beberapa faktor terutama kualitas sang ayam betina. Di pasaran, salah satu jenis telur yang dikenal memiliki kualitas terbaik adalah telur ayam kampung. Sama seperti namanya, telur ini dihasilkan oleh ayam jenis lokal yang biasanya dipelihara oleh masyarakat. Kualitas telurnya unggul sebab ayam jenis ini hidup dan tumbuh secara alamiah. Tidak dirangsang pertumbuhannay dengan obat dan pakan seperti di peternakan. Selain alami, keunggulan lainnya terletak pada manfaat telur ayam kampung itu sendiri. Nilai gizi yang ada di dalamnya membuat telur yang satu ini digemari.

Kandungan Telur Ayam Kampung

Sama seperti telur lainnya, telur ayam kampung juga mengandung protein,zat besi, kalori, retinol (vitamin A), karbohidrat, vitamin D, betakaroten, letichin , omega-3 dan masih banyak lagi lainnya. Karena diperoleh dari ayam yang utmbuh secara alami, kandungan telur ayam kampung jauh lebih “steril” dari pengaruh bahan kimia. Oleh sebab itu, secara klinis khasiatnya jauh lebih terasa. Jika didasarkan pada ciri fisik, telur ayam kampung memang khas dan berbeda dari jenis telur lainnya.
Telur Ayam Kampung


Spesifikasi fisiknya antara lain berat telur ayam kampung berkisar di anfka 26,27 gram sampai 55,4 gram. Ukurannya jeuh lebih kecil jika dibandingkan jenis telur ayam ras. Bentuknya lonjong dengan panjang sekitar 5cm. Sementara itu warna cangkangnya cenderung lebih putih dan bersih dan terkadang kemerahan dan coklat. Tekstur cangkangnya juga jauh lebih halus jika dibandingkan dengan cangkang telur lainnya.

Sehat Dengan Telur Ayam Kampung

Mencermati kandungannya yang bebas partikel kimia, tidak heran jika kemudian manfaat telur ayam kampung dirasa lebih nyata. Salah satu manfaat telur kampung yang populer adalah menambah vitalitas dan energi pria. Untuk mendapatkan khasiat ini, telur ayam kampung biasnaya dikonsumsi bersama madu asli.  Selain itu, telur ayam kampung juga dikenal sebagai sumber protein yang mudah diserap tubuh. Karena itu telur ayam kampung sering diberikan kepada mereka yang sedang dalam masa recovery. 
Telur Ayam Kampung
Manfaat telur ayam kampung tak berhenti sampai di atas. Masih ada deretan panjang manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi telur ayam kampung secara teratur. Manfaat tersebut antara lain:
  1. Membantu proses penyembuhan penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes, usus besar dan juga maag akut.
  2. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa memperbaiki organ dalam tubuh manusia yang rusak.
  3. Membantu aktifitas okat seperti fokus dan berpikir.
  4. Membantu mengatasi rasa lelah dan pegal.
  5. Menghilanhkan kantung mata yang menggangu.
  6. Membuat kulit jauh lebih sehat, pori-pori lebih ringkas, membuat kulit kencang dan lembab.
  7. Menambah kesuburan rambut sebab kandungan proteinnya baik untuk kesehatan rambut.
  8. Mengurangi peradangan.
  9. Mengusir penyakit tenggorokan seperti batuk, memelihara paru-paru, dan menjauhkan penyakit ginjal.
  10. Meningkatkan syaraf dan masih banyak lagi lainnya.