Mengenal Susu Kuda Liar

susu kuda liar
Jika berbicara soal susu hewani, di benak sebagian masyarakat yang pertama terbersit pastilah sapi. Memang, produksi susu terbesar adalah sapi. Meski demikian, bukan berarti kita bisa mengecualikan sumber susu hewani lainnya. Salah satu binatang mamalia selain sapi yang juga menghasilkan susu adalah kuda. Di pasaran biasanya ditawarkan dengan iming-iming “susu kuda liar”. Jangan salah kaprah, meski menyandang kata “liar”, namun hal tersebut bukan bermaksud kuda yang benar-benar liar. Kuda liar di sini berarti kuda yang diternakkan secara liar di alam bebas. Kabarnya, susu kuda liar jauh lebih berkualitas ketimbang susu kuda yang dikungkung dalam kandang. Pernah mencicipi susu kuda liar?

Kandungan Susu Kuda

Berdasarkan penelitian klinis, ditemukan fakta bahwa susu kuda liar mengandung komponen senyawa yang kurang lebih sama dengan susu jenis lainnya. Hanya saja, kandungan vitamin susu kuda kabarnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan susu sapi. Vitamin juga mineral yang ada dalam susu kuda tersebut antara lain Vitamin A, B kompleks yakni B2, B6, B12, Vitamin E, zat besi, magnesium, kalsium dan juga kalium. Selain itu, susu kuda juga mengandung lemak juga protein. Kandungan protein pada susu kuda cukup rendah sehingga jauh lebih aman bagi mereka yang menderita alergi laktosa pun bagi bayi yang cenderung menolak protein dalam jumlah tertentu. Oleh karena hal inilah sehingga susu kuda liar banyak disebut sama dengan ASI. Menyoal kandungan lemak, susu kuda memang cenderung lebih tinggi karena itu teksturnya lebih creamy dan rasanya lebih gurih.

Hal Menarik dan istimewa lainnya dari susu kuda liar adalah kandungan antibody penetralisir virus dan bakteri yang tersembunyi di dalamnya cukup tinggi. Hal ini didasarkan pada penelitian seorang dokter di Rumah Sakit Filder Stuttgart. Karena kandungan ini, susu kuda sering diberikan pada bayi-bayi yang lahir secara premature. Hal ini akan meningkatkan kekuatan serta kekebalan tubuhnya. Keunggulan susu kuda liar lainnya adalah kandungan anti bakteri alamiahnya membuat ia lebih awet dibandingkan dengan susu lainnya. Sementara itu kandungan kasein-nya yang rendah membuat ia mudah dicerna sebab susu yang mengandung kasein lebih tinggi cenderung mudah menggumpal dalam perut dan membuatnya susah untuk dicerna.

Tetap Berhati-hati

Banyak ahli gizi yang merekomendasikan susu kuda lair untuk bayi sebab dianggap sebagai susu yang paling mendekati kualitas Air Susu Ibu. Meski fakta medis menyatakan demikian, namun Anda sebagai orang tua tetap harus berhati-hati. Sebab kualitas susu juga tetap dipengaruhi oleh proses pemerasannya dan juga pengemasannya. Kedua proses tersebut, jika tidak dilakukan secara benar akan membuat susu kuda bergizi tidak steril dan aman lagi untuk dikonsumsi. Jadi jeli memilih susu kuda terbaik jika Anda menginginkan manfaat nutrisi-nya yang kompleks bagi bayi Anda.