Resep Praktis Sate Telur Puyuh

sate telur puyuh
Puyuh merupakan salah satu jenis burung yang diternakkan dalam skala besar sebab telurnya memang menjadi salah satu komponen sumber protein selain telur ayam dan bebek.  Telur burung puyuh berukuran lebih mini.  Karena itu, konsumen jenis telur yang satu ini menjadi lebih terbatas sebab industri seperti kue, roti dan kuliner lainnya lebih memilih telur ayam dan bebek sebagai bahan baki mereka. Memang bobot telur puyuh tak sesuai untuk dijadikan bahan baku berbagai industri. Meski demikian, telur puyuh tetap digemari terutama bagi mereka yang menggemari kuliner seperti sup dan sate. Telur puyuh memang banyak diolah dengan cara direbus kemudian disate atau sebagai bahan pelengkap sup. Di Kolombia sendiri, telur puyuh menjadi salam satu pelengkap kuliner hot dog dan hamburger. Di Indonesia, sate telur puyuh adalah jenis olahan yang paling banyak dipraktekkan. Pernah mencoba lezatnya sate telur puyuh? Jika belum, berikut resep praktis sate telur puyuh yang bisa Anda coba.

Siapkan Bahan-bahan!

Pada dasarnya ada banyak jenis sate telur puyuh. Ada sate telur puyuh bisa, sate telur puyuh kacang, sate telur puyuh bacem dan masih banyak lagi lainnya. Resep kali ini adalah sate telur puyuh bumbu bacem. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
  1. Telur puyuh mentah sebanyak 20 butir.
  2. Air kelapa sbeanyak kurang lebih 400 ml.
  3. Gula merah yang telah diserut sebanyak 70 gram.
  4. Daun salam sebanyak 1 lembar.
  5. Lengkuas sebanyak 2 cm. Bersihkan dari kulitnya dan kemudian memarkan.
  6. Asam jawa sebanyak seperdua sendok teh.
  7. Tusuk sate secukupnya.
Setelah bahan utama tersedia, siapkan juga bahan untuk bumbu halus antara lain:

  1. Bawang putih sebanyak 3 siung
  2. Bawang merah sebanyak 5 butir
  3. ketumbar sebanyak sepedua sendok teh
  4. Gula pasir sebanyak seperdia sendok teh
  5. Garam secukupnya
  6. Siapkan juga penyedap rasa jika Anda suka

Cara Membuat Sate Puyuh Bacem

Telur Puyuh Yang Telah Direbus
Setelah semua bahan lengkap, langkah pertama yang Anda lakukan adalah membersihkan kulit cangkang telur puyuh. Setelah itu rebus hingga matang. Biarkan dingin dan selanjutnya kupas kulitnya. Sisihkan di wadah terpisah. Selenjutnya campur semua bumbu halus yakni daun salam, asam jawa, gula merah dan lengkuas di dalam wadah panci. Aduk terlebih dahulu sampai semua benar-benar tercampur merata. Kemudian masukkan telur puyuh yang telah direbus ke dalam panci tersebut. Masukkan juga air kelapa tadi dan panaskan dengan kondisi api kecil hingga air bumbu susut. Dalam proses memasak, usahakan sesekali Anda mengaduk sate dan bumbu agar lebih meresap. Setelah matang betul, ambil batang tusuk sate dan tusuk telur puyuh hingga menjadi seperti sate. Sajikan bersama nasi hangat. Resep ini untuk 6 tusuk sate telur puyuh.

Bagaimana? Mudah bukan. Selamat mencoba resepnya di dapur Anda ya!